KOMUNIKASI MATEMATIK DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK

Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, UNY, 27 Nov 2010, ISBN : 978-979-16353-5-6.

Nur Izzati, S.Pd., M.Si. – Diknas Pendidikan Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.
Prof. Dr. Didi Suryadi, M.Ed. – Dosen Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Abstrak

Komunikasi matematik mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan proses-proses matematik yang lain, seperti pemecahan masalah, representasi, refleksi, penalaran dan pembuktian, serta koneksi, dimana komunikasi diperlukan untuk melengkapi dari setiap proses matematik yang lain. Komunikasi matematik juga merupakan alat bantu dalam transmisi pengetahuan matematika atau sebagai fondasi dalam membangun pengetahuan matematika. Melalui komunikasi memungkinkan berfikir matematis dapat  diamati dan karena itu komunikasi memfasilitasi pengembangan berfikir. Kendatipun kemampuan komunikasi matematik itu penting, namun ironisnya pembelajaran matematika selama ini masih kurang memberikan perhatian terhadap pengembangan kemampuan ini, sehingga penguasaan kompetensi ini bagi siswa masih rendah. Sehubungan  dengan itu, tulisan ini bertujuan untuk memaparkan secara teoritis tentang komunikasi matematik dan memuat kajian tentang pendekatan pembelajaran matematika realistik sebagai pendekatan pembelajaran yang diduga kuat dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan  kemampuan komunikasi matematik.

Kata Kunci: komunikasi matematik, pendekatan matematika realistik.

Selengkapnya di Makalah Lengkap_Pdf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: